Minggu, 02 Oktober 2011

Definisi Internet dan Pemanfaatannya


Internet
Apakah internet itu?
Banyak sebutan yang diberikan oleh para peggunanya antara lain Dunia Maya, dan sebagainya. Semua itu hanya sekedar istilah. Sebenarnya tidak ada definisi khusus mengenai Internet, ataupun kepanjangan dari kata Internet karena Internet bukan suatu singkatan.
Sebagai gambaran umum, Internet adalah suatu jaringan komputer global yang terbentuk dari jaringan-jaringan komputer lokal dan regional, yang memungkinkan komunikasi data antar komputer-komputer yang terhubung ke jaringan tersebut.

PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR



Salah satu perkembangan teknologi komputer adalah teknologi jaringan komputer dan internet. Teknologi ini mampu menyambungkan hampir semua komputer yang ada didunia sehingga bisa saling berkomunikasi dan bertukar informasi. Bentuk informasi yang dapat ditukar dapat berupa data teks, gambar, video dan suara.

 Dengan adanya internet dunia ini menjadi terasa tanpa batas ruang dan waktu. Kapan saja dan dimana saja dengan adanya internet segala bentuk informasi menjadi semakin terbuka.  Apa yang baru saja terjadi di berbagai belahan dunia dapat diketahui dengan cepat di belahan dunia yang lain. Kecanggihan teknologi sudah tersedia, dimana melalui teknologi internet kita dapat memperoleh segala macam informasi dan komunikasi mulai dari informasi pendidikan, politik, ekonomi,bahan riset, iklan, gaya hidup, belanja, hiburan dan sebagainya yang menyangkut seluruh aspek kehidupan yang terjadi dan ada di seluruh belahan dunia.

Dalam membangun SDM  dunia pendidikan dituntut untuk mampu mengikuti (Up date) perkembangan aplikasi IPTEK di dunia Industri agar lulusannya memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan pasar.   Dari fakta tersebut salah satu cara untuk mampu mengikuti perkembangan IPTEK yang cepat adalah selalu akses informasi yang up to date dan semua itu dapat di dapat melalui internet.

Diera informasi ini provider provider sudah ada hampir disetiap kota sehingga akses internet menjadi semakin murah dan terjangkau didukung maraknya bisnis warnet yang hampir disetiap sudut bisa kita jumpai. Oleh karena itu kemampuan mengakses internet sudah menjadi tuntutan kompetensi diera global.   
 
            Proses Belajar adalah proses untuk merubah dari yang tidak tahu menjadi tahu. Maka di dalam belajar terdapat informasi-informasi (pengetahuan) yang harus diberikan kepada peserta didik (pelajar). Untuk memperoleh informasi harus dicari dari sumber informasi. Salah satu sumber informasi adalah intrernet. Internet adalah pusat informasi yang multi bidang. Semua aspek kehidupan baik yang berdampak positif maupun negatif dapat diakses dan diperoleh dari internet. Oleh karena itu dalam pemanfaatan internet kita harus memiliki filter keimanan serta moralitas yang baik untuk menyeleksi informasi yang akan kita peroleh, agar tidak sesat.


Beberapa manfaat internet untuk kepentingan pembelajaran adalah :

1. Pengembangan Profesional
(a) Menambah pengetahuan
(b) Berbagi sumber informasi
(c) Berkomunikasi keseluruh belahan dunia
(d) Kesempatan untuk menerbitkan /mengumumkan secara langsung
(e) Mengatur komunikasi secara teratur
(f) Berpatisipasi dalam forum dengan rekan kerja baik lokal maupun internasional.

2. Sumber Belajar/Pusat Informasi
(a). Informasi media dan metodologi pembelajaran
(b). Bahan baku & bahan ajar untuk segala bidang pelajaran
(c). Akses informasi IPTEK
(d). Bahan Pustaka/referensi

3. Belajar sendiri secara cepat :
(a). Meningkatkan pengetahuan
(b). Belajar berinteraktif
(c). Mengembangkan kemampuan di bidang penelitian

4. Menambah wawasan, pergaulan, pengetahuan, pengembangan karier
(a). Meningkatkan komunikasi dengan seluruh masyarakat
(b). Meningkatkan kepekaan akan permasalahan yang ada diseluruh dunia
(c). Informasi beasiswa, lowongan pekerjaan, pelatihan.
(d). Hiburan,dsb.

   Dan masih banyak lagi manfaat yang bisa diperoleh dari internet sesuai kebutuhan informasi yang ingin diperoleh. Namun efek-efek negatif internet pun harus diwaspadai seperti penyebaran virus komputer, pornografi, plagiat, penipuan, pencurian, dsb. Segala fasilitas-fasilitas untuk memperoleh informasi sudah tersedia di Internet, jadi tergantung bagaimana kita mampu memanfaatkan internet untuk kebutuhan kita dengan baik dan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar